Macam-Macam Badai di Erofa yang Ekstrim dan Mematikan

Macam-Macam Badai di Erofa yang Ekstrim dan Mematikan – Badai atau topan yaitu jenis siklon tropis yang pada umumnya disertai dengan badai petir dan sirkulasi angin yang berlawanan arah dekat dengan permukaan bumi. Kategori badai berdasarkan pada kekuatan angin dengan memakai Skala Badai Saffir-Simpson yang digunakan untuk mengukur macam-macam badai di Eropa.

Badai atau topan kategori 1 mempunyai kecepatan angin paling rendah. Sedangkan badai kategori 5 mempunyai kecepatan angin terkuat serta permainan mengasikan di Agen Slot https://172.105.112.253. Namun istilah dari kategori tersebut sangat relatif karena kadang-kadang badai kategori 1 bisa menimbulkan kerusakan lebih besar daripada badai kategori 5. Hal ini tergantung di mana tempat terjadinya serta bahaya yang ditimbulkannya.

Beberapa Badai Mematikan yang Perlu Anda Ketahui

Ada beberapa badai yang sangat mengerikan pernah melanda Benua Eropa. Badai tersebut menimbulkan kerusakan berat dan menelan korban manusia. Berikut ini macam-macam badai di Eropa :

Badai Wilma (2005)

Macam-Macam Badai di Erofa yang Ekstrim dan Mematikan Badai Wilma

Badai Wilma , Florida Keys, Amerika Serikat. ( Source : Liputan6.com )

Badai Wilma termasuk kategori 5 dan badai terkuat yang pernah tercatat di Samudera Atlantik. Badai ini menghancurkan bagian dari Semenanjung Yucatan dan florida Selatan selama Oktober 2005 pada musim topan Atlantik. Menimbulkan kerugian 34,4 miliar dolar AS dan 23 orang meninggal dunia.

Badai Gilbert (1988)

Macam-Macam Badai di Erofa yang Ekstrim dan Mematikan Badai Gilbert

Badai Gilbert, Karibia, Meksiko. ( Source : DuniaTempo.co )

Badai Gilbert yaitu topan tropis yang sangat kuat sehingga menimbulkan banyak kerusakan di Karibia, Meksiko dan sebagian Texas Selatan waktu musim topan Atlantik 1988. Kerugian materi mencapai 5,5 miliar dolar AS.

Badai Labor Day (1935)

Badai Labor Day

Badai Labor Day,Florida keys ,Amerika Serikat.( Source : international.sindonews.com )

Badai ini merupakan satu-satunya badai yang membuat pendaratan di Atlantik dengan tekanan terukur yakni di bawah 900 milibar. Badai ini banyak menelan korban manusia yaitu 408 orang tewas.

Badai Rita (2005)

Badai Rita (2005)

Badai Rita, Teluk Meksiko ( Source : DuniaTempo.co )

Badai Rita juga termasuk salah satu macam-macam badai di Eropa terkuat yang menyebabkan kerusakan signifikan di Pantai Teluk AS tahun 2005. Kerusakan total dari badai ini adalah 10,5 miliar dolar AS dan menelan korban 120 orang meninggal.

Badai Allen (1980)

Badai Allen melanda Karibia, Meksiko, serta Texas Selatan. Badai ini membuat lebih dari 200 orang tewas dan menimbulkan kerugian sekitar 1 miliar dolar AS.

Badai-Badai Ekstrim Mematikan Lainnya di Wilayah Eropa

Pada umumnya, badai tropis bisa menyebabkan kerusakan berat dan dapat menelan korban nyawa manusia, terutama jika disebabkan banjir. Badai tersebut sampai terkenal ke seluruh dunia. Badai-badai ekstrim lainnya yaitu :

Badai Camille (1969)

Badai Camille termasuk mematikan ke-7 yang menerjang Missisipi   tahun 1969. Kerugian yang ditimbulkan yaitu sekitar 257 orang meninggal, 19.577 rumah rusak, dan kerugian lainnnya mencapai 1,42 miliar dolar AS.

Badai Katrina (2005)

Badai Katrina termasuk macam-macam badai di Eropa yang tergolong mematikan ketiga dalam sejarah Amerika Serikat. Efek badai ini di wilayah pesisir Louisiana, Mississippi, dan New Orleans masih bisa terlihat jelas 5 tahun setelah kejadian tersebut.

Badai Mitch (1998)

Badai  merupakan badai kuat tahun 1998 di Samudra Atlantik. Badai ini menyebabkan curah hujan tinggi, banjir meluas, tanah longsor, kehilangan tempat tinggal, penduduk terisolasi dan tidak bisa mendapat bantuan. Total kerugian mencapai 5 miliar dolar AS.

Badai Dean (2007)

Badai Dean merupakan terkuat ketiga yang melewati Saint Lucia dan Laut Karibia di Samudra Atlantik. Badai ini juga melewati Mexico dan tercatat sebagai kategori 5 di daerah-daerah tersebut. Badai Dean menyebabkan 45 orang tewas dan kerugian mencapai 1,5 miliar.

Badai Maria (2017)

Badai Maria ini merupakan topan termahal ketiga dalam sejarah AS karena menimbulkan banjir ekstrim. Hal tersebut menghancurkan infrastruktur parah di Puerto Rico dan St. Croix.

 

Datangnya badai adalah suatu hal yang tidak kita inginkan karena banyak menimbulkan korban jiwa dan materi. Maka dari itu, Anda harus tahu macam-macam badai di Eropa untuk diambil pelajarannya.